Pesan Admin: Bila anda ingin mengcopy tolong sertakan alamat ini.terimakasih atas partisipasinya ahmad rifki and friends: Apa itu VVTI
Melbusit Team siap membantu apa yang anda inginkan

Jumat, 04 Maret 2011

Apa itu VVTI

VVTi adalah singkatan dari Variable Valve Timing intelligent. Peranti ini mengatur bukaan katup melalui pergerakkan camshaft. Sehingga, efeknya, output tenaga akan semakin maksimal pada setiap putaran mesin namun dengan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan tingkat emisi yang jauh lebih rendah.

Teknologi VVTi diaplikasikan pada katup masuk sehingga waktu bukaan katup bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mesin. Sehingga, pada waktu mesin bekerja tanpa beban, seperti pada saat stasioner, maka waktu bukaan katup akan mundur beberapa derajat sehingga pasokan bahan bakar akan menjadi lebih efisien. Sementara pada saat mesin bekerja demi mendapatkan akselerasi, maka bukaan katup akan dimajukan yang membuat bukaan katup akan menjadi lebih lama, sehingga pasokan bahan bakar semakin meningkat sehingga tenaga yang dihasilkan pun akan semakin optimal.

Peranti VVTi terdiri dari controller yang di dalamnya terdapat dua jalur oli menuju masing-masing ruangan oli yang berisi katup untuk saluran oli untuk menggerakkan mekanisme gear hidraulis yang terhubung dengan camshaft. Di dalamnya. Dari jalur oli yang berbeda inilah, gear hidraulis akan mengatur waktu bukaan katup. Saat posisi timing maju maka katup oli akan membuka, sehingga tekanan oli akan menggerakkan gigi hidraulis yang selanjutnya akan mengatur derajat camshaft sehingga waktu bukaan katup berubah. Kebalikannya, untuk kondisi timing retard (mundur), maka tekanan oli akan berkurang.Tekanan oli didapat oleh pompa yang diatur oleh ECU mesin.

0 komentar:

Posting Komentar