Pesan Admin: Bila anda ingin mengcopy tolong sertakan alamat ini.terimakasih atas partisipasinya ahmad rifki and friends: Teknologi parkir Otomatis
Melbusit Team siap membantu apa yang anda inginkan

Senin, 04 April 2011

Teknologi parkir Otomatis


Sistem parkir pintar adalah perangkat untuk memarkirkan kendaraan secara otomatis khususnya parkir paralel, tegak lurus ataupun serong tanpa perlu dikemudikan oleh pengemudi kendaraan, bahkan bisa dilakukan dari luar kendaraan. Sistem ini mulai dikembangkan pada Toyota Prius, kemudian Lexus dan berbagai kendaraan lainnya. Sistem yang digunakan pada Lexus menggunakan nama Advanced Parking Guidance System. Perangkat ini kemudian dikembangkan oleh Ford dengan nama Active Park Assist, BMW dan berbagai kendaraan mewah lainnya.

Berita baik bagi para pengendara yang selalu “mencium” mobil lain atau mempunyai kesulitan untuk melakukan parkir secara pararel. :-)

Ford belum lama ini mengumumkan teknologi terbarunya yang diberi nama “Active Park Assist” yang akan sangat berguna bagi tipe pengendara diatas.

Dengan teknologi ini, mobil FORD akan bisa melakukan parkir secara pararel secara otomatis tanpa anda harus memegang stir (cukup kendalikan gas dan rem saja).

Teknologi ini menggunakan sensor ultrasonik sebagai pengganti kamera yang biasa sering kita temukan pada mobil model terbaru.

Bukan saja membantu si pengendara untuk melakukan parkir pararel tetapi juga bahkan membantu anda mencari tempat parkir yang kosong, asik kan? Sayangnya pencarian ini bisa dilakukan apabila mobil tersebut telah melewati tempat parkir yang kosong tersebut dan akan menjadi masalah karena bila sudah terlewat, mobil di belakang anda sudah siap untuk “menerkam” tempat tersebut. :-)

Anyway, ini tentu saja suatu teknologi yang sangat bermanfaat. Coba lihat deh videonya, keren banget!!! :D

Rencananya “Active Park Assist” akan mulai dipasang dan dijual pada pertengahan tahun 2009 di mobil keluaran Ford jenis Lincoln MKS dan MKT.

Sistem parkir pintar bekerja dengan menggunakan prosesor komputer yang mendapatkan masukan mengenai ruang parkir yang kosong, serta masukan jarak yang diperoleh dari beberapa buah sensor parkir yang biasanya menggunakan gelombang ultrasonic yang diletakkan dibumper belakang, samping dan bumper depan yang kemudian oleh prosesor data tersebut diproses untuk kemudian menggerakkan kendaraan, dan kendaraan bermanuver kendaraan masuk kedalam ruang parkir tanpa perlu input dari pengemudi.

0 komentar:

Posting Komentar